Dubes Malaysia: Video Hina Indonesia Itu Adu Domba


http://static.liputan6.com/201211/video-hinaan-121130b.jpg 

(Liputan.com) – Menjelang pertandingan Indonesia dengan Malaysia di Piala AFF, ada video berisi hinaan terhadap Indonesia dari suporter Malaysia beredar di YouTube. Dalam video berdurasi 1 menit 48 detik itu, suporter Malaysia meneriakkan ‘Indonesia itu anjing’.


Dubes Malaysia untuk RI Dato Syed Munshe Afdzaruddin menegaskan hal tersebut dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Pemerintah Malaysia tidak tahu asal usul video tersebut.

“Itu tidak dibenarkan. Video tersebut datang dari kelompok tertentu yang sengaja mengadu domba hubungan kita. Entah dari negara luar, Malaysia, ataupun Indonesia,” kata Dato Syed kepadaLiputan6.com di Jakarta, Jumat (30/11/2012).

Menurut Dato Syed, pertandingan sepakbola Piala AFF seharusnya menjadi ajang persatuan antar bangsa. “Sepakbola harusnya bisa menjadi olahraga atau game yang enjoy. Kerajaan Malaysia amat mendukung persatuan antar kedua bangsa,” ucap Dato.

Hubungan Indonesia dengan Malaysia memang seperti love and hate relationship. Layaknya orang memadu kasih. Kadang benci, kadang cinta. Kadang bermusuhan, kadang berteman baik. Tetapi tetap saling membutuhkan.

Namun, Dato Syed menegaskan apapun yang terjadi hubungan Malaysia dan Indonesia harus tetap rukun dan tidak mudah terprovokasi.

“Apakah sengaja untuk melakukan propaganda? Bisa juga. Yang jelas kedua negara jangan terpancing,” imbau Dato Syed. (RZK)

 



Comments
Loading...